Pimpinam Pemberontak Boko Haram, Abubakar Shekau Ditemukan Bunuh Diri

Pemimpin Boko Haram Dilaporkan Tewas Meledakkan Diri

Lorettanapoleoni.org – Pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau dikabarkan tewas bunuh diri dalam pertempuran melawan kelompok Negara Islam Provinsi Afrika Barat (ISWAP).

“Shekau lebih suka dipermalukan di akhirat daripada dipermalukan di bumi. Dia bunuh diri seketika dengan meledakkan bahan peledak,” Bunyi sebuah suara berbicara dalam bahasa Kanuri yang mirip dengan pemimpin ISWAP Abu Musab Al-Barnawi, dikutip dari AFP, Senin (7/6).

Terkait kabar ini, Boko Haram belum mengomentari kematian pemimpin mereka, yang melakukan pemberontakan selama lebih dari satu dekade di timur laut Nigeria. Sementara tentara Nigeria mengaku sedang menyelidiki informasi tersebut.

Kelompok ISWAP menjelaskan, dalam sound mereka mengirim pasukan ke kantong Boko Haram di hutan Sambisa, yang menemukan Shekau duduk di dalam rumahnya dan terlibat dalam baku tembak.

“Dari sana dia mundur dan melarikan diri, berlari dan berkeliaran di semak-semak selama lima hari. Namun, para pejuang terus mencari dan memburunya sebelum mereka dapat menemukannya,” kata suara itu.

Setelah menemukannya di semak-semak, para pasukan ISWAP mendesak dia dan para pengikutnya untuk bertobat. Tetapi Shekau menolak dan bunuh diri.

Leave a Reply