Lebaran Sebentar Lagi, Rumah Harus Disteril atau Tidak Ya?

Seminggu lamanya, Ramadan telah berlalu di rumah aja. Pandemi Corona yang belum juga berakhir membuat bulan puasa tahun ini terpaksa harus dilalui dengan lebih minim aktivitas di luar rumah. Jika biasanya, Ramadan kerap diwarnai dengan ngabuburit dan buka bersama, kini harus puas dimaksimalkan tanpa leluasa pergi ke mana-mana akibat pandemi yang tengah melanda.

Malah banyak pihak memprediksi jika pandemi ini bakal masih berlangsung hingga akhir Mei 2020. Itu artinya, Ramadan sebulan penuh bakal benar-benar dilalui hanya di rumah. Begitu juga dengan Idul Fitri yang juga berlangsung di bulan Mei, juga sepertinya bakal dilalui dengan minim atau bahkan tanpa halal-bihalal dari rumah ke rumah.

Lantas, menyambut Lebaran yang bakal hadir sebentar lagi, rumah harus disteril atau nggak ya?

Bukan tanpa alasan, ini karena selama beberapa bulan terakhir ini rumah jadi pusat utama aktivitas sehari-hari. Supaya bisa dibersihkan secara optimal, kamu pun bisa memanfaatkan momen lebaran. Apalagi imbauan pemerintah memang menganjurkan Idul Fitri tetap dilakukan dari rumah di masa pandemi seperti sekarang ini.

Di samping untuk menghindari kerumunan dalam jumlah besar, hal ini juga berguna untuk meminimalkan penyebaran COVID-19. Selain itu, karena halal-bihalal juga sepertinya juga akan ditiadakan, sehingga kunjungan tamu ke rumah pun bakal lebih sepi saat lebaran tahun ini. Rasanya rumah memang lebih baik disterilkan lebih dulu untuk beberapa saat.

Nah, untuk mensterilkan rumah ini, kamu perlu membersihkannya lebih dulu. Dari menyapu, hingga mengepel perlu dilakukan. Selain itu, tumpukan sampah yang masih ada di dalam rumah, cucian serta baju-baju kotor sebaiknya turut dibersihkan. Baru setelah itu, pungkasi dengan menyemprotkan disinfektan.

Leave a Reply