Hal Hal yang Tanpa Kamu Sadari Bisa Memicu Terjadinya Nyeri Otot

Saat sedang bersantai sambil tidur-tiduran di rumah tanpa aktivitas yang berat juga bisa menyebabkan malapetaka pada dirimu. Bisa saja dalam kondisi ini kamu tiba-tiba mengalami nyeri otot.

Masalah nyeri otot merupakan suatu hal yang biasanya terjadi usai berolahraga. Namun nyeri otot ini juga bisa terjadi walaupun kamu tidak baru saja melakukan olahraga.

Terdapat beberapa hal selain olahraga yang bisa memicu kamu mengalami nyeri otot. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah hal yang bisa menyebabkan kamu mengalami nyeri otot.

Kurangnya Vitamin D

Kekurangan vitamin D bisa jadi merupakan salah satu penyebab munculnya nyeri otot pada tubuh kamu.

“Tubuh Anda terdiri dari sel yang memiliki reseptor vitamin D di dalamnya. Ketika Anda kekurangan vitamin D, otot menjadi lebih sensitif sehingga sering nyeri. Selain itu vitamin D juga dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D dalam tulang akan membuat tulang menjadi lemah dan tidak bisa mendukung kesehatan otot,” terang Dr Deyo Famuboni, peneliti dari Inggris.

Stres dan Kurang Zat Besi

Kekurangan Zat Besi

Selain kekurangan vitamin D, penyebab umum dari nyeri otot adalah kurangnya zat besi dalam tubuh. Hal ini umumnya juga dialami oleh wanita ketika mereka sedang dalam periode menstruasi. Namun kekurangan zat besi ini bisa diredakan dengan konsumsi kacang-kacangan, bayam, ikan, dan telur.

Stres

Penyebab lain dari nyeri otot adalah stres. Ketika seseorang tengah stres, dilepaskan sejumlah hormon yang membuat otot-otot jadi menegang.

“Bahkan ketika stres yang Anda derita termasuk stres kronis, maka otot Anda bisa sulit untuk digerakkan,” ungkap Dr Marilyn Glenville, ahli kesehatan perempuan di Inggris.

Leave a Reply