Badai Dashyat Menghantam Kanada, Cuaca Badai Ini Merupakan Badai Terburuk Dalam Satu Abad

Badai Dashyat Menghantam Kanada, Cuaca Badai Ini Merupakan Badai Terburuk Dalam Satu Abad

lorettanapoleoni.org – Badai mematikan menghantam sekitar Vancouver, yang disebut para pejabat sebagai cuaca badai terburuk dalam satu abad. Melansir BBC pada Rabu (17/11/2021), dua jalan raya yang menghubungkan kota West Coast ditutup setelah rusak akibat badai dahsyat yang mendatangkan banjir parah.

Ribuan orang terpaksa meninggalkan rumah mereka karena badai dahsyat yang melanda pada Senin (15/11/2021). Seorang wanita tewas dalam tanah longsor di jalan raya, dan tim penyelamat mengatakan setidaknya 2 orang lainnya hilang.

Mayat wanita itu ditemukan di dekat Lillooet, sekitar 250 kilometres (155 mil) dari Vancouver, menurut Royal Canadian Installed Authorities (RCMP). Sersan RCMP Janelle Shoihet mengatakan bahwa penyelamat belum menentukan jumlah “kendaraan yang hilang dalam longsoran”, menurut kantor berita AFP.

Pengemudi Kathie Rennie mengatakan kepada CBC Information bahwa dia melihat tanah longsor menimpa lalu lintas yang sudah macet di selatan Lillooet setelah badai dahsyat menerjang.

“Begitu kami kembali ke kendaraan kami, orang-orang yang ada di depan kami hanya berteriak dan berlari,”kata Rennie. “Wajah mereka seperti akan datang tsunami. Itu adalah hal paling menakutkan yang pernah saya lihat,”terangnya.

“Saya baru saja berbalik, dan saya hanya melihat seluruh sisi gunung longsor dan menyeret mobil-mobil ini … semuanya hanyut. Benar-benar panik.”

Badai Terburuk Dalam Satu Abad di Kanada

Badai Dashyat Menghantam Kanada, Cuaca Badai Ini Merupakan Badai Terburuk Dalam Satu Abad

Menteri transportasi provinsi, Rob Fleming, mengatakan pada konferensi pers bahwa itu adalah “cuaca badai terburuk dalam satu abad”. Ribuan rumah di British Columbia dievakuasi setelah “sungai atmosfer (AR)” membuang rata-rata curah hujan bulanan di kawasan itu hanya dalam 24 jam menyebabkan terjadinya badai dahsyat.

Semua 7.000 penduduk kota Merritt, sekitar 120 mil timur laut Vancouver, diperintahkan untuk meninggalkan rumah mereka pada Senin (15/11/2021). Pada Selasa (16/11/2021), salju turun di sana dan mobil terlihat mengapung-apung di air banjir es di kota.

Awak helikopter dikirim ke kota pegunungan Agassiz untuk menyelamatkan sekitar 300 orang yang terjebak di jalan yang terputus. Hujan dan angin pada Senin telah mereda pada Selasa aching, tetapi masih banyak komunitas warga yang terjebak.

Bagian dari Jalan Raya Trans-Kanada, yang menghubungkan Vancouver ke seluruh negeri, terendam air. Bagian Jalan Raya Coquihalla, yang menghubungkan Vancouver ke pedalaman provinsi, terlihat longsor tergerus banjir.

Badai Dashyat Menghantam Kanada, Cuaca Badai Ini Merupakan Badai Terburuk Dalam Satu Abad

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan kepada wartawan di Ottawa bahwa dia sedang memantau situasi bencana akibat badai dahsyat yang terjadi. “Kami akan berada di sana untuk membantu dengan berbagai cara, kondisi atau bentuk apa word play here,”kata Trudeau.

Pada satu titik, rute darat utama yang ada dari Vancouver adalah memasuki AS dan kemudian kembali ke Kanada. Namun, memasuki kembali Kanada dari AS memerlukan tes virus corona negatif, dan jalan-jalan di negara bagian perbatasan negara bagian Washington juga terkena dampak badai dahsyat.

Pelabuhan Vancouver, yang terbesar di Kanada, terpaksa menangguhkan semua akses kereta api karena banjir dan tanah longsor, menghentikan pengiriman makanan, bahan bakar, dan barang-barang lainnya. Pelabuhan itu mengangkut kargo senilai 440 juta dollar AS (Rp 6,3 triliun) setiap hari, menurut kantor berita Reuters.

Pipa bahan bakar di daerah Vancouver juga telah dimatikan sebagai tindakan pencegahan. Bencana badai dahsyat disusul banjir serta tanah longsor di Vancouver dan sekitarnya terjadi setelah British Columbia mengalami gelombang panas rekor tinggi selama musim panas yang menewaskan lebih dari 500 orang, dan kebakaran hutan yang menghancurkan seluruh kota.

Awal November, tornado terlihat di British Columbia, pertama kali terlihat di daerah itu dalam 5 dekade terakhir.

Leave a Reply